Friday, February 5, 2016

Hanya dengan Bersyukur Jadikan Jantung Lebih Sehat

0

Hidup adalah sebuah keharusan yang harus dijalani baik itu pahit atau manis. Dalam menjalani hidup yang penuh teka-teki misteri ini, kita seringkali diberi nasihat dan diwanti-wanti untuk selalu berterima kasih dan mensyukuri apa yang telah dimiliki. Tahukah kamu bahwa dibalik ajakan untuk selalu bersyukur itu ternyata memiliki dampak yang baik untuk kesehatan kita?

Perasaan syukur dan terima kasih dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik sehingga tidur lebih nyenyak. Selain itu, rasa penuh syukur dapat membantu pasien yang menderita gagal jantung untuk menurunkan tingkat inflamasi.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa secara umum, tingkat spiritualitas seseorang mempengaruhi kualitas hidup serta kesehatan fisiknya.

Menurut Mills, mereka ingin meneliti pengaruh perasaan bersyukur terhadap pasien yang mengalami masalah dengan kesehatan jantungnya. Tim studi ini melibatkan Deepak Chopra yang telah dikenal dalam dukungan kesehatan alternatifnya. Penelitian ini melibatkan 186 pasien  yang mengalami gagal jantung stadium B dari klinik jantung California.

Menurut periset, tahap B merupakan waktu penting dalam intervensi. Hal ini disebakan kerusakan yang terjadi masih dapat dibalikkan. Keadaan pasien menunjukkan bahwa mereka mengalami pembengkakan jantung dan gangguan fungsi jantung namun dengan simtom yang tidak terlalu serius.

Sebelumnya, para responden diteliti tingkat spiritualitas, rasa bersyukur dan keyakinan akan kemampuan diri untuk berhasil mengelola fungsi jantungnya. Selain itu, juga dinilai tingkat depresi serta kualitas tidur dan kelelahan yang dialami para partisipan. Kemudian, periset mencoba mengukur peradangan dengan cara mengecek sampel darah milik pasien. Dari riset tersebut, para peneliti melihat bahwa pasien yang tingkat rasa syukurnya lebih tinggi memiliki suasana hati dan kualitas tidur yang lebih baik serta indikator peraangannya lebih rendah.

Jadi, jangan lupa bersyukur untuk jantung yang lebih sehat. Apa yang ada di pikiran kita mempengaruhi kondisi tubuh dan kesehatan kita. Selain bersyukur, gaya hidup yang teratur akan membuat jantung menjadi lebih sehat.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com